RAKORNAS PENANGGULANGAN BENCANA 2020
Penanggulangan Bencana Urusan Bersama

By Admin 05 Feb 2020, 10:59:24 WIB

RAKORNAS PENANGGULANGAN BENCANA 2020

Keterangan Gambar : Kalaksa BPBD Tapsel Bapak Ilham Suhardi, S.H.,M.H., Sekretaris Bapak Umar Halomoan Daulay, Kabid Rehabilitasi dan Reknstruksi Bpak Darma Jaya bersama Bupati Padang Lawas Bapak Ali Sutan Harahap


Sentul International Convention Center, Pemerintah Tapanuli Selatan mengikuti Rapat Koordinasi Nasional-Penannggulangan Bencana (RAKORNAS-PB) yang di Wakili oleh Bapak Ilham Suhardi Selaku Kalaksa BPBD, Sekretaris Bapak Umar Halomoan Daulay, Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi Bapak Darma Jaya dan Kasubbid Pencagahan Bapak Handi Febrial Batubara. Rakornas dibuka dan dihadiri langsung oleh Bapak Presiden Jokowi Widodo dengan memberikan instruksi dalam Rakornas ini.

6 INSTRUKSI PRESIDEN JOKOWI ( Dalam Rakornas Penanggulangan Bencana) :

  1. Seluruh Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah harus bersinergi untuk pencegahan dan mitigasi bencana, juga pengendalian tata ruang berbasis pengurangan resiko bencana.
  2. Setiap Gubernur, Bupati dan Walikota harus segera menyusun Rencana Kontijensi.
  3. Penanggulangan Bencana harus dilaksanakan dengan pendekatan kolaboratif yang "Pentahelix" yaitu kolaborasi antar unsur pemerintah, akademisi peneliti, dunia usaha, masyarakat dan media masa.
  4. Panglima TNI dan Kapolri untuk turut serta dalam mendukung upaya penanggulangan bencana.
  5. BNPB dalam manajemen kedaruratan bencana untuk melakukan komando dan koordinasi sesuai dengan klaster-klaster, termasuk pasca pemulihan bencana.
  6. untuk penyelesaian secara permanen, saya memerintahkan seluruh pihak untuk melakukan rehabilitasi lahan dan perbaikan lingkungan, rekayasa teknik, rekayasa sosial, penegakan hukum, dan penyadaran kolektif untuk seluruh masyarakat dalam penanggulangan bencana.


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment